0

MySQL 5.6 tak bisa memberikan harapan banyak kepada para penggunanya, dikarenakan tidak bisa diluncurkan pada akhir tahun ini, namun Anda tak perlu khawatir karena kemungkinan besar akan MySQL terbaru akan hadir di awal tahun 2013.
Kepala bagian produksi MySQL, Rob Young, mengutarakan bahwa ada sejumlah perbaikan kinerja pada proses upgrade MySQL generasi mendatang dan tak lama lagi MySQL 5.6 akan diluncurkan dengan beberapa fitur barunya di awal tahun depan. Sebelumnya sudah ada beberapa versi percobaan sejak bulan September lalu.
“Versi 5.6 akan segera dirilis secara umum dan akan siap digunakan pada awal 2013,” ujar Young. Diluar itu pihak Oracle kini sedang berupaya menambahkan bebarapa fitur baru dan perangkat tambahan seperti UI Pluggable dan opsi NoSQL, sehingga nantinya akan membuat MySQL menjadi pilihan yang ideal untuk digunakan dalam kebutuhan web ataupun berbasis cloud nantinya. Selain itu Oracle juga menyederhanakan arsitektur dan mencoba menghapus sistem operasi yang beberapa file sistem lama.
MySQL akan tetap menjadi database berbasis open source dibawah lisensi GPL, namun sebagai gantinya pihak Oracle tetap akan memberikan 2 pilihan yaitu edisi gratis maupun edisi berbayar yang akan terus dapat dukungan.
Pernyataan tentang perilisan MySQL ini muncul selang beberapa hari setelah saingannya, MariaDB, mengeluarkan tantangan resmi kepada pihak Oracle. MariaDB sendiri telah diluncurkan oleh pendiri MySQL, Monty Widenius, setelah pihak Sun membeli MySQL dengan harga 1 juta dollar pada tahun 2008.

Post a Comment

 
Top