0

detail berita
Screenshot YouTube
CALIFORNIA - Game SimCity telah beredar untuk perangkat PC pada awal bulan ini. Game simulasi yang memungkinkan gamer membuat kota virtual ini hanya bisa dimainkan dengan membutuhkan koneksi internet alias online.

Ngebet ingin main offline agar tak perlu repot harus terkoneksi dengan internet, seorang hacker kabarnya berhasil membuat SimCity menjadi game single-player (tak perlu koneksi internet). Dilansir BBC, Minggu (17/3/2013), dengan cara mengubah kode game, hacker mampu memainkan permainan secara offline.

SimCity merupakan game yang membutuhkan link online permanen. Penerbit game Electronic Arts (EA) mengatakan persyaratan "always on" berkontribusi terhadap masalah besar pada saat peluncuran game.

Masalah bisa muncul lantaran sistem harus menjaga kota yang berbeda dari masing-masing gamer agar saling terkoordinasi. Oleh karena itu, setelah game SimCity terbaru ini rilis pada 5 Maret 2013, maka banyak gamer mengeluh terkait harusnya mereka menunggu selama 30 menit, bahkan lebih untuk bisa bermain game.

Bereaksi atas kekecewaan tersebut, sekira 59 Ribu gamer SimCity Buat Petisi untuk EA. Menanggapi keluhan ini, sekaligus salah satu bentuk permohonan maafnya, pihak EA mencoba menawarkan permainan gratis.

Hal ini dilakukan EA karena tidak dapat mengembalikan uang yang dikeluarkan oleh gamer yang telah membeli game anyar tersebut. Masalah tidak hanya seputar tidak bisanya akses menuju permainan, tetapi SimCity juga dinodai dengan berbagai bug serta kinerjanya yang lambat.

Persyaratan "always on" internet ini justru menuai banyak kritik bagi sebagian gamer yang mengatakan bahwa hal tersebut tidak penting. Mereka menilai, ketimbang meningkatkan gameplay, fitur "always on" hanya langkah sebagai pencegahan pembajakan.

Namun, ulah hacker akhirnya mampu membuat game SimCity bisa dimainkan secara offline. Melalui situs Reddit, akun AzzerUK mengungkap bahwa ia telah mematikan persyaratan online pada SimCity.

"PC Anda dapat menangani simulasi seluruh kota Anda tanpa bantuan dari internet atau server EA," tulisnya dalam penjelasan rinci yang di-posting ke website Pastie. Game yang bekerja offline ini juga diabadikan dalam video YouTube. (fmh)

Post a Comment

 
Top