0
detail berita
(Foto: Mashable)
CALIFORNIA - Bagi orang yang terlalu banyak menyaksikan episode The Jetsons mungkin berharap memiliki robot seperti  Rosie. Bahkan, baru-baru ini sedang dikembangkan sebuah robot bernama "Bartendro", sebuah robot yang mampu membuat minuman koktail.

Keahlian robot ini, dapat membantu membuat makanan, mencuci pakaian dan memberi makan anjing. Namun Rosie mungkin tidak bisa mencampur tanah longsor pembunuh atau Cosmopolitan seperti ini robot baru yang dirancang oleh sebuah perusahaan California.

Party Robotics yang berbasis di San Luis Obispo, California, sedang berusaha meningkatkan dana melalui Kickstarter untuk lebih mengembangkan perusahaan open-source-nya. Robot pembuat minuman koktail bernama "Bartendro", nantinya akan menggunakan sistem open-source baik dari perangkat keras maupun perangkat lunaknya.

Pencipta robot ini adalah Pierre Michael dan Robert Kaye, mereka telah berhasil mengkombinasikan antara pengalaman dengan perangkat lunak, serta komunitas terbuka dan perancang robot elektronik. Sebelumnya tim ini juga telah membuat sebuah mesin pendingin untuk anggur.

Dikutip dari Mashable, Sabtu (9/3/2013), dengan membuat Bartendro, Michael mengungkapkan bahwa mereka berharap dapat mengurangi kerumitan untuk membuat koktail. Dengan menggunakan Bartendro, akan menjadi lebih mudah untuk membuat segelas koktail, karena hanya tinggal dituangkan secara otomatis.

"Setiap kali saya akan membuat minuman tersebut, rasanya selalu berantakan. Dan saya selalu bertanya-tanya, apakah ini rasa minuman yang seharusnya saya minum", ujar Michael.

Dengan rancangan untuk beberapa model ukuran, Bartendro akan dibekali oleh prosesor Arduino. Prosesor ini akan terhubung ke papan router dan kemudian ke komputer Raspberry Pi, dan hal itu tentunya dapat membuat koneksi ke Wi-Fi. Semua koneksi tersebut dapat membantu menciptakan minuman yang sempurna. (amr)

Post a Comment

 
Top