0

Ini pengalaman saya kurang lebih dua bulan kebelakang. Waktu itu saya masuk kamar tujuannya mau tidur. Pas sampai kamar, saya lihat istri saya sudah tidur. Namun tidurnya dalam keadaan mukanya seperti sedang kesakitan. Beberapa saat kemudian istri saya terbangun dan mengeluhkan perutnya sakit.
Istri saya ini ceritanya lagi hamil. Dan biasalah yang namanya wanita hamil, kadang perutnya suka timbul keluhan-keluhan seperti perut sakit dll. 

Melihat istri dalam kondisi seperti itu, saya mulai berfikir mencari solusinya. Saya teringan kepada salahsatu guru hypnotherapi saya yang pernah menolong seorang ibu diperjalanan yang sedang sesak nafas. Guru saya ini menterapi ibu ini hanya dengan rileksasi. Yaitu membimbing si ibu ini untuk rileks dengan menarik nafas dalam atau panjang sampai beberapa kali. Alhamdulillah... dengan menarik nafas panjang ini guru saya dalam waktu singkat berhasil membantu si ibu ini.
Saya terinspirasi akan cerita dari guru saya itu. Saya langsung saja membimbing istri untuk rileksasi dengan menarik nafas panjang berkali-kali. Tarikan nafas panjang istri saya tidak sampai 10 kali, tapi alhamdulillah istri saya langsung bisa tertidur dengan terlihat nyaman. 
Ini bisa terjadi mungkin karena ketika seseorang menarik nafas panjang, tubuh akan mengeluarkan hormon endorfin.  Endorfin merupakan hormon yang memberikan rasa nyaman dan  juga merupakan  pereda rasa sakit alami.  Hormon ini juga dapat membuat otot-otot menjadi lebih rileks. Otot yang tegang bisa menjadi penyebab utama nyeri pada perut atau lambung.
Besoknya, istri saya mengatakan kepada saya bahwa, "alhamdulillah setelah di bimbing untuk menarik nafas panjang beberapa kali, sakit perut saya langsung lenyap dan bisa tidur nyaman". Oke deh kalau begitu alhamdulillah.

Post a Comment

 
Top