0
Masuk ke YaST Control Center seperti gambar diatas lalu pilih “Software” lalu enter dan pilih “Software Repositories” maka selanjutnya akan muncul tampilan seperti yang dibawah :
Kemudian hilang tanda “x” yang ada di kolom Enabled dan Autorefresh kecuali baris yang ke 2. Dengan cara menekan Alt+E (pada lingkaran merah nomor 1) dan menekan Alt+R (2) kemudian menekan Alt+V lalu enter kemudian menekan atas atau bawah yang mana yang ingin kita hilangkan tanda “x”. Ingat jalan hilangkan tanda “x” pada baris ke 2 dan hasilnya akan tampak pada seperti gambar dibawah in, kemudian OK dengan menekan F10 ataupun Alt+O

Setelah itu keluar dari YaST Control Center dengan menekan F9 atau Alt+Q. Setelah itu kita akan membuat FTP seperti gambar yang di lingkari berwarna merah dibawah ini :
a.      Linux-nniq:/home/admin # kita ketikkan “zypper install vsftpd” lalu enter (tanpa tanda petik)
b.      Pada Continue? [y/n/?] (y) : isikan “y” (tanpa tanda petik)
c.     Linux-nniq:/home/admin # kita ketikkan “vi  /etc/vsftpd.conf” lalu enter

Selanjutnya kita akan mengedit beberapa baris yang ada pada tampilan dengan cara melihat terlebih dahulu baris nya yang ada pada gambar tepat nya di bawah kanan yang dilingkari merah, baris yang akan di edit adalah :

a.      Baris 19         : Tanda pagar di depannya Hilangkan & “NO” diganti “YES”
b.      Baris 30         : Tanda pagar di hilangkan dan ganti WELCOME....
c.       Baris 57         : Tanda pagar di hilangkan
d.      Baris 76         : Tanda pagar di depannya Hilangkan & “NO” diganti “YES”
Setelah itu tekan “esc” lalu ketikkan “:wq” (tanpa tanda petik)




Setelah itu maka akan kembali ke Linux-nniq:/home/admin # maka kita ketikkan “yast” dan akan muncul tampilan seperti dibawah ini. Selanjutnya pergi ke “Security and Users” – “Firewall” – enter.

Kemudian pergi ke “---Allowed Services” lalu tekan Alt+S untuk memilih service to allow kita pilih “vsftpd Server” lalu Add (Alt+A) selanjutnya Next (Alt+N / F10)


Selanjutnya keluar dari YaST dan coba IP kita pada Linux-nniq:/home/admin # ketikkan “ifconfig” apabila berhasil maka akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini. IP nya terdapat pada kolom “eth0” tepat nya di baris kedua pada “inet addr”.





Post a Comment

 
Top