Friday, November 23, 2012

MEMBUAT DAN MENCETAK AMPLOP KOP DI MS.WORD


Di dalam administrasi persuratan resmi, amplop dapat dikategorikan sebagai kebutuhan pokok. Biasanya surat resmi yang akan dikirim menggunakan amplop dengan kop instansi yang bersangkutan, dalam kesempatan ini kita akan membahas bagaimana cara membuat amplop kop tersebut di Ms. Word dan caramencetaknya sehingga siap untuk digunakan.

Langkah-langkah yang biasa saya lakukan dalam membuat amplop kop ini adalah :

1. Buka Ms.Word anda, kebetulan saya menggunakan versi 2007 tetapi saya juga menerangkan yang di 2003

2. Klik tab Page layout (pada word 2003 "page setup" >> Size (pada word 2003 "paper" , untuk memilih jenis kertas dan pada contoh kali ini kita pilih Envelope DL (v. 2003 "DL. Env)>> Orientation pilih Landscape

3. Tampilan amplop sudah terlihat di layar Ms.Word kita

4. Copy-kan Kop instansi yang ingin anda masukkan ke amplop ini

5. Klik dua kali (double click) di area kosong bagian atas amplop sampai garis putus-putus Header muncul, seperti gambar berikut :



 - Atur lebar header melalui top header dan bottom header seperti yang ditandai pada gambar di atas

6. Pastekan kop tersebut di area header

7. Tuliskan nomor surat beserta tujuan surat




8. Amplop siap untuk dicetak/print

Dalam mencetak amplop ini, yang perlu diperhatikan adalah posisi amplopnya, agar tidak terbalik. Misalkan pada jenis printer Canon maka dalam posisi berdiri, bagian depan amplop (bagian yang mulus) menghadap ke kita dengan bagian yang ada lemnya di bagian belakang sebelah kiri. Semoga artikel membuat dan mencetak amplop kop di Ms.Word ini bisa sedikit membantu.
Post a Comment