Beberapa definisi dari Google Adsense tentang CTR, Page Impressions, CPC, eCPM :
· CTR (Clickthrough Rate) adalah
perbandingan dalam persen antara jumlah klik yang diterima suatu Ad Units
dengan jumlah tampilan Ad Units tersebut. Misal, satu Ad Units yang ditampilkan
40 kali dan di-klik 10 kali memiliki nilai CTR 25% (10:40).
· Page Impressions adalah
jumlah yang menunjukkan berapa kali halaman yang mengandung Ad Units dibuka
oleh pengunjung. Nilainya tidak terpengaruh oleh kuantitas Ad Units yang ada di
dalam halaman yang bersangkutan.
· CPC (Cost Per Click) adalah
jumlah uang yang akan didapatkan oleh publisher apabila Ad Units tertentu di
klik. Nilai CPC masing-masing Ad Units berbeda dan ditentukan oleh banyak
faktor, termasuk perfomance publisher dan kualitas situs milik publisher. Namun
secara umum, nilai maksimal yang mungkin adalah 20% dari nilai bid dinamis yang
ditawarkan pemasang iklan.
· eCPM (Effective CPM) eCPM adalah
hasil pembagian antara jumlah pendapatan publisher dengan jumlah page
impression (per 1000) yang ia dapatkan dari iklan2nya. Sebagai contoh,
publisher yang menghasilkan $200 dari 50,000 impression akan memiliki nilai CPM
sebesar $4 ($200/50).
Post a Comment
Post a Comment