0


Peneliti berhasil membuat prosesor 1000 core.
Beberapa bulan lalu pemberitaan mengenai CPU Intel yang memiliki 48 core dalam sebuah chip terdengar sangat mengesankan, namun sebuah prototipe prosesor terbaru membuatnya tidak lagi luar biasa.
Peneliti asal Skotlandia ternyata telah membangun sebuah prosesor dengan 1000 core di dalamnya, dengan kemampuan 20 kali lebih cepat dari prosesor saat ini dan konsumsi listrik yang lebih rendah. Hebatnya, chip mendekati diameter sambungan maksimum sebelum jaringan chip yang menghubungkan core menghasilkan kinerja negatif.
Para peneliti percaya bahwa teknologi ini dapat digunakan secara umum dan dapat membantu meningkatkan kecepatan komputer  dalam beberapa tahun mendatang.
Tim peneliti menggunakan field programmable gate array (FPGA) yang lebih baru, sebuah sirkuit terpadu yang dirancang khusus dan umumnya dikonfigurasi setelah proses pabrikasi untuk membangun chip. Sejak FPGA dapat dikonfigurasi, para peneliti dapat menggunakan program kreatif untuk menanam sebanyak 1000 core dan membagi beban pemrosesan diantara seluruh core.
Pada November lalu Intel menyatakan sangat mungkin untuk membangun prosesor dengan 1000 core di dalamnya. Namun, para peneliti dari Universitas Glasgow ternyata berhasil mewujudkannya lebih cepat dari intel. (Bhineka Post. 30 Desember 2010)

Post a Comment

 
Top