Saturday, March 30, 2013

MENYIMAK KOMPERHENSIF



A.  Menyimak Komprehensif
            Menyimak komprehensif adalah salah satu tujuan menyimak yang menerima rangsangan untuk memahami suatu pesan tertentu. Seseorang dapat dikatakan sebagai penyimak komprehensif yang baik apabila dia dapat menerima, memperhatikan dan memberikan makna dari pesan yang sedekat mungkin sama dengan pesan yang disampaikan oleh pembicara.

B.  Proses Menyimak Komoprehensif
Kegiatan komunikasi banyak dilakukan secara lisan, sehingga kemampuan menymak sangat penting dimiliki oleh setiap pemakai bahasa. Dengan kemampuan menyiniak yang baik, pemahaman yang tepat terhadap pesan dapat tercapai. Pemahaman yang utuh dan tepat hanya dapai terjadi bila penyimak atau pendengar secara aktif memproses apa yang didengarnya itu melalui komponen-komponen tertentu yang bekerja derigan baik dalam dirinya. Adapun komponen yang termasuk dalam proses menyimak ialah, rangsangan berupa bunyi, penerimaan pesan, perhatian, penyeleksian, dan pemberian makna dari pesan yang disampaikan. Berikut aspek-aspek yang terlibat di dalam proses menyimak akan diuraikan secara rinci. 
  1. Rangsang Bunyi
Banyak ahli yang memberikan pendapataya tentang simbol-simbol dari pembicaraan yang diterima seseorang dalam proses menyimak. Weaver (1972) memasaukkan kata-kata, bunyi isyarat dan bunyi-bunyi lainnya selain bunyi linguistic, sebagai tipe-tipe symbol bunyi yang dapat diterima dan dimaknai oleh penyimak. Bila seseorang meneriakkan "ada kebakaran!", maka teriakan itu sama maknanya dengan isyarat bunyi sirene mobil pemadam kebakaran. 

  1. Penerimaan oleh Alat Dengar
Menerima pesan dalam menyimak merupakan proses mendengarkan rangsangan yang berupa bunyi. Gelombang-gelombang suara yang berjalan melalui udara merangsang telinga penerima yang menyebabkan si penerima berita mengaktiflcan pendengarannya, mula-mula berupa dorongan atau rangsangan pada syaraf-syaraf. Kerja syaraf-syaraf itu terjadi berkat adanya kendali otak. Tahap ini disebut tahap fciologis.berita yang dating ke telinga penyimak dalam bentuk gelombang itu diolah oleh otak kanan jalan mencocokkan gejala-gejala itu dengan pengetahuan system bunyi bahasa. Tahap ini disebut tahap linguistik. 
  1. Pemberian Makna
Selanjutnya, proses menyimak melalui pemberian makna. Proses ini mengacu pada interpretasian atau pemahaman terhadap pesan yang didengar dan diterima. Dalam proses ini tujuan menyimak adalah untuk menghasilkan makna semirip atau sedekat mungkin dengan pesan yang diberikan pembicara. Bagaimanapun, karena pemberi pesan dan penyimak memiliki perbedaan pengalaman, perasaan, dan harapan, tujuan yang diharapkan itu tidak selalu tercapai. 
  1. Fungsi Comprehensive Listening
Seperti telah diuraian pada bagian terdahulu bahwa dalam berbagai fase kehidupan, [nanusia roenjadikan menyimak sebagai media untuk memahami sesuatu. Dalam proses pendidikan misalnya, hamper seluruh kegiatan penyampaian bahan/materi pendidikan [pengandalkan pada comprehensive listening. Oleh sebab itu untuk menjadi pendengar komprehensif yang baik, kita hanya perlu berkonsentrasi pada pesan-pesan yang disampaikan, sdanjutnya mencari kaitan antara satu pesan dengan lainnya untuk akhirnya sampai pada pemahaman yang dikehendaki, tidak perlu membuat penafsiran terlalu kritis pada pesan yang disarapaikan oleh si pembicara.

C.    Faktor-faktor yang berkaitan dengan Menyimak Komprehensif
Di antara beberapa tujuan menyimak yang telah dipelajari di muka, tampaknya menyimak komprehensiflah yang akan mendapat perhatian lebih khusus, dengan alasan bahwa menyimak pemahaman bersifat testable (dapat diuji). Melalui pengujian (test) dapat diketahui seberapa besar efesiensi menyimak si pendengar. Selanjutnya dikenal beberapa factor yang dapat merapengaruhi kemampuan menyimak komprehensif, yaitu memori, konsentrasi, kosakata, dan factor-faktor tambahan lain. 
a.      Memori (Ingatan)
Salah satu factor yang berhubungan langsung dengan mendengar komprehensif adalah memori. Menurut teori skematis, kita tak dapat memproses suatu informasi tanpa melibatkan memori. Menurut teori ini, dengan memori manusia dapat menghubungkan konsep yang satu
konsep lainnya. Adapun memori dalam diri kita memiliki tiga fungsi yaitu:
1)      Menyusun arah tentang apa yang akan kita lakukan dalam aktivas;
2)      Memberikan struktur baku terhadap pemahaman kita pada suatu aktivitas apabila konsep-konsep kita tersebut dikemukakan oleh orang lain;
3)      Memberikan arah/pedoman untuk mengingat pengalaman atau pengetahuan dan informasi-informasi yang telah diketahui sebelumnya.
Dengan alasan-alasan tersebut, maka menyimak komprehensif melibatkan pemprosesan i, da kita pun dapat mengukur menyimak komprehensif dengan mengukur seberapa jauh kemampuan seseorang dalam mengingat informasi-informasi yang telah diperoleh melalui jfigatan/memori. Seperti pada uraian lalu dijelaskan bahwa informasi-informasi itu tidak sefliuanya dapat dicerna akan tetapi beberapa dapat tercecer, bahkan infonnasi yang telah disimpan dapat hilang pula. Terdapat beberapa teori yang memberikan penjelasan tentang penyebab mengapa informasi yang telah disimpan dalam memori dapat hilang begitu saja (terjadi proses kelupaan). Teori-teori tersebut diantaranya sebagai berikut :

1.      Fading Theory (Teori Pemudaran).
Menurut teori mi informasi yang tidak lagi sering digunakan akan memudar atau perlahan-lahan hilang dari ingatan/memori;
2.      Distortion Theory (Teori Distorsi).
Teori ini memberikan penjelasan bahwa suatu hiforaiasi akan terdistorsi (terpengaruh) oleh informasi lain yang mirip dengan informasi sebelumnya dan terkadang tidak dapat dibedakan dari mfonnasi lainnya (yang telah tersimpan di ingatan);
3.      Suppresion Theory (Teori Supresi).
Teori ini menyatakan pesan akan hilang akibat dari hambatan motivasional. Psikologi klinik mebkutikan bahwa informasi yang "melukai" atau yang tidak menyenangkan atau menyakitkan untuk diingat biasanya lebih cepat hilang dari ingatan;
4.      Interference Theory (Teori interferensi).
Menurut teori ini informasi yang telah di dapat sebelumnya akan bercampur dengan infonnasi yang baru didapat atau yang akan didapatkan kemudian;
5.      Processing Break-down Theory:
Teori ini berpendapat bahwa tak satu pun dari bagian-bagian informasi dapat diingat tanpa indikasi individual atau tanpa menggunakan system coding ambigu (system pengkodean makna ganda).
Teori yang terakhir inilah yang paling dianggap penting karena ingatan ditentukan oleh strategi mengingat dengan strategi pengkodean awal. Menurut beberapa ahli memori i Lorayne, Cermak dan Montgomery (1979), ada beberapa alasan mengapa seseorang lupa akan sesuatu. Salah satu alasannya adalah karena ia tidak memberikan perhatiannya pada mated yang harus diingatnya dan tidak memprioritaskannya sebagai urutan kepentingan paling atas dalam ingatannya misalnya, apabila kita lupa akan nama seseorang yang kita kenal sebelumnya, selain karena kita tidak pernah mengingatnya, penyebab lainnya dikarenakan kurangnya motivasi untuk meningkatkan kemampuan untuk mengingat. Selain mengenal teori-teori dan penyebab kelupaan, penting kiranya kita mengenal pula apa-apa yang mudah untk diingat. Menurut penelitian, manusia akan lebih mudah mengingat apabila informasi itu:
1)      Dianggap penting dan berharga atau berguna dalam kehidupannya;
2)      Dianggap lain daripada informasi yang lain atau dianggap unik (tidak wajar);
3)      Terorganisir; dan
4)      berupa hiformasi visual.
Dengan mengetahui bagaimana suatu informasi dapat mudah diingat, secara tidak langsung kita dapat memiliki tambahan kemampuan dalam mengingat sesuatu.
Dengan mempelajari proses penyimpanan dan pemanggilan informasi dalam memori, para peneliti dan praktisi akan menemukan beberapa teknik yang dapat dilatih dalam upaya meningkatkan kemampuan memori. Prosedur-prosedur tersebut nantinya akan sangat bergantung pada tujuan mengingat dan kemampuan untuk mengikuti informasi selanjutnya, kemampuav mengorganisir informasi, melakukan penggabungan antar informasi. Selain itu teknik atau prosedur lainnya bergantung pada kemampuan kita untuk menciptakan konsep hidup yang tidak kaku.
b.      Konsentrasi
Variable signifikan lamnya yang berpengaruh pada comprehensive listening adalah kemampuan pendengar untuk berkonsentrasi atau menaruh perhatian pada item-item yang akan diingat. Berkonsentrasi pada pesan yang dikirimkan oleh pembicara merupakan kesulitan utama yang dihadapi oleh pendengar.
Salah satu alasan mengapa pendengar tak dapat berkonsentrasi pada sumber pembicaraan (penutur), adalah kemungkinan karena sering berkomunikasi dalam rentang waktu yang terlalu lalai, sehingga keadaan seperti ini menuntutnya untuk membagi-bagi energi untuk mefflperhatikan antara berbagai ragam rangsang dan tidak merespon pada satu rangsang saja.
Alasan yang kedua adalah karena salah mengarahkan energi untuk memperhatikan (attention energy). Menurut Erving Gofi&nan, bentuk standar dari kesalahan penafsiran meliputi hal-hal berikut.
1.      Pencukupan/pemenuhan eksternal. Dibandingkan dengan berkonsentrasi pada pesan penutur, pendengar cenderung akan mudah terkacaukan perhatiannya oleh stimulus/ rangsang dari luar, seperti keadaan suhu kamar, suara bisingjalan raya.
2.      kesadaran diri
3.      kesadaran berinteraksi
4.      kurangnya rasa inghi talm terhadap apa yang sedang dibicarakan.
Ada tiga alasan yang mendasari alasan (kurangnya konsentrasi) di atas di antaranya: kurangnya kedisplinan diri, kurangnya motivasi diri, dan kurangnya tanggung jawab.
Self-diciplin akan mudah dilatihkan apabila secara pribadi si pendengar termotivasi untuk mendengarkan pesan yang akan diingaat. Adapun untuk segi tanggung jawab, ialah pendengar akan lebih bertanggungjawab dan meningkatkan konsentrasinya dengan melatih perilaku-perilaku:
1)      jujur terhadap penutur apabila ia mempunyai kesulitan dalam menangkap pesan yang disampaikan penutur, misahiya karena terlalu lelah, sibuk atau tertekan oleh pikiran-pikiran lain;
2)      membuat pertanyaan-pertanyaan pribad (bertanya pada diri sendiri) agar lebih memperhatikan (lebih mencurahkan perhatian);
3)      melatih kebiasaan menuliskan pendapat kepada orang lain pada saat penutur terlibat pembicaraan dengan pendengar lam, dan hentikan penulisan apabila ketika proses mendengar sedang berjalan;
4)      mendengarkan dengan tujuan untuk menanyakan kepada penutur mengenai pertanyaan-pertanyaan yang lebih mendalam;
5)      mendengarkan dengan tujuan untuk berbagi pesan antara satu penutur dengan penutur lainnnya dan kemudian memberikan pesan tersebut kepada orang lain pada periode selanjutnya;
6)      berbicara di depanpublik dan level komunikasi media massa lainnya, seolah-olah penutur berbicara pada dirinya sendiri; dan
7)      mempraktekkan/melatih kemampuan mendengar
c.        
Faktor lain yang mempengaruhi kemampuan komprehensif pendengar adalah ukuran kosakata. Diasumsikan bahwa ukuran kosakata merupakan variable penting dalam pemahaman mendengar. Karena penangkapan makna merupakan bagian integral dari proses mendengar, maka kita perlu memiliki kosakata yang cukup, sehingga kita dapat mengembangkan system kategori dan menekan sekecil mungkin kesalahan kategoris yang kita kembangkan dalam proses mendengar.
Dalam peran kita sebagai komunikator, kita memiliki empat jenis kosakata fungsional yang sangat bervariasi ukurannya. Jenis kosakata itu dibedakan berdasarkan usia, saat seseorang melakukan komunikasi. Hal tersebut digambarkan sebagai berikut :
a)      Sampai kira-kira seseorang mencapai usia dua belas tahun, kosakata fungsional terbesar yang ia milikiadalah kosa kata tsimakan mendengar (listening vocabulary). Artinya, pengayaan kosakata pada fase ini didapat dari hasil simakan dalam kehidupan sehari-hari.
b)      Setelah lewat usia dua belas, kosakata simakan yang seseorang miliki, umumnya dipengaruhi oleh kosakata hasil membaca (reading vocabulary)
Orang dewasa dikatakan memiliki kosakata minimum apabila ia hanya memilih rata-rata kosakata sebesar 20.000 kata. Menurut batasan-batasan di atas, peneliti memberikan simpulan wa apabila seseorang memiliki kosakata pembicaraan (speaking vocabulary) lebih kecil kctimbang kosakata mendengarnya, ia akan mengalami kesulitan dalam menafsirkan makna dari tata-kata tertentu.
Ada beberapa langkah untuk meningkatkan kosakata umum maupun kosakata "wndengar. Menurut Pauk langkah-langkah tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut :
1)      Langkah pertama adalah "menumbuhkan minat pada kata-kata". Dalam menumbuhkan kemampuan pemerolehan kosakata. Ada dua kemampuan dasar yang dapat membantu kita untuk mempelajari kata-kata baru berdasarkan maknanya. Kemampuan dasar tersebuSt adalah kemampuan tnenganallsis struktur dan kemampuan menganalisis konteks kata Iceterampilan pertama tadi, yaitu analisis struktural, pada awalnya dilakukan dengan mempelajari kata-kata akar (kata dasar) dan kata kunci berupa awalan maupun akhiran. Selanjutnya apabila kita menemukan kata-kata yang tidak lazim, kita berhenti sampai disitu dan apabila mungkin kita berhenti pada bagian-bagian komponennya (seperti awalan, kata dasar, dan akhiran), selanjutanya gunakan struktur pengalaman atau pengetahuan yang telah dikenal sebelumnya terhadap kata-kata asing tadi dan tentukan maknanya.
2)      Langkah yang kedua adalah mempelajari makna daari kata-kata yang tak lazim dari konteks-konteksnya. Konteks ini menuntut kita untuk terlebih dahulu mempelajari petunjuk kontekstual yang umum dipakai oleh pembicara. Selanjutnya, ketika kita berperan sebagai pendengar, danmenemukan kata-kata ang tidak lazim, kita gunakan pengetahuan mengenai petunjuk kontekstual dengan cara menandai makna kata-kata yang lazim (yang melingkupi kata-kata yang tak lazim) dan menentukan apakah kata-kata tersebut memberikan petunjuk khusus kea rah makna yang diharapkan.
Ada dua jenis petunjuk kontekstual yang utama dan telah umum dikenal yakni: petunjuk semantic (makna kata) dan sintaksis (struktur kalimat). Yang termasuk ke dalam petunjuk semantik adalah:
-          Petunjuk Sinonim
-          Petunjuk Perijelas
-          Petunjuk Deskripsi
-          Petunjuk Contoh
-          Petunjuk Kesimpulan
-          Petunjuk Penjelasan
-          Petunjuk Pengalaman
-          Petunjuk Situasi
Petunjuk kontekstual yang kedua adalah petunjuk sintaksis, berupa pola-pola penyusunkalimat yang menjadi unsur penyusun kalimat.
d.      Faktor-faktor Tambahan
Ada beberapa faktor yang mempengaruhi variable-variabel yang dapat berpengaruh terhadap pemahaman dari hasil pendengaran (listening comprehension). Faktor-faktor tersebut adalah sebagai berikut :
1)      Faktor kurang seringnya diadakan penelitian-penelitian yang terkontrol secara ilmiah;
2)      tak banyak mengenal validitas dan reliabilita tes mendengar yang diterapkan dalam penelitian; dan
3)      karena sebagian besar penelitibelum terkoordinir dengan baik.
Berdasarkan korelasi statistika faktor-faktor tersebut di atasaberhubungan dengan variable tambahan yang mempengaruhi mendengar untuk tujuan pemahaman (listening comprehension).
Variabel-variabel tambaahan ini diantaranya: intelegensia, usia, motivasi, tingkat pencapaian (achievement), kemampuan berbicara, pemahaman membaca, kemampuan verbal, kemampuan belajar dan kemampuan berbahasa, kemampuan organisional, tingkat prestasi (rate of prestation), dan status cultural. Hubungan antara mendengar dan variable-variabel: jenis kelamin, karakteristik kepribadian, minat pada materi subjek yang dibicaarakan, pengalaman dalam mendengar/menyimak, keefektifan penutur, kesulitan bahan, waktu, suhu ruangan dan ventilasis posisi dalam keluarga, dan banyaknya anggota keluarga, cenderung tidak bersifat koklusif.

D.    Ciri-ciri Menyimak Komperhensif
  1. Dapat mengevaluasi kesalahan-kesalahan dalam menyimak.
  2. Dapat menerima rangsangan dan memahami pesan.
  3. Dapat memproses apa yang disampaikan oleh penyimak.
  4. Tidak dapat memproses informasi tanpa melibatkan memori (ingatan).

E.     Berbagai Contoh Menyimak Komperhensif
  1. Dalam diskusi ada sekelompok pendiskusi yang mendiskusikan permasalahan, dan sipenyimak dapat memahami dan menerima suatu rangsangan ataupun informasi sehingga sipenyimak dapat memecahkan masalah yang terdapat dalam diskusi.
  2. Dalam berpidato hendaknya seorang yang menyampaikan pidato harus


Definisi CTR, Page Impressions, CPC, eCPM


Beberapa definisi dari Google Adsense tentang CTR, Page Impressions, CPC, eCPM :

·         CTR (Clickthrough Rate) adalah perbandingan dalam persen antara jumlah klik yang diterima suatu Ad Units dengan jumlah tampilan Ad Units tersebut. Misal, satu Ad Units yang ditampilkan 40 kali dan di-klik 10 kali memiliki nilai CTR 25% (10:40).
·         Page Impressions adalah jumlah yang menunjukkan berapa kali halaman yang mengandung Ad Units dibuka oleh pengunjung. Nilainya tidak terpengaruh oleh kuantitas Ad Units yang ada di dalam halaman yang bersangkutan.
·         CPC (Cost Per Click) adalah jumlah uang yang akan didapatkan oleh publisher apabila Ad Units tertentu di klik. Nilai CPC masing-masing Ad Units berbeda dan ditentukan oleh banyak faktor, termasuk perfomance publisher dan kualitas situs milik publisher. Namun secara umum, nilai maksimal yang mungkin adalah 20% dari nilai bid dinamis yang ditawarkan pemasang iklan.
·         eCPM (Effective CPM) eCPM adalah hasil pembagian antara jumlah pendapatan publisher dengan jumlah page impression (per 1000) yang ia dapatkan dari iklan2nya. Sebagai contoh, publisher yang menghasilkan $200 dari 50,000 impression akan memiliki nilai CPM sebesar $4 ($200/50).

Sunday, March 24, 2013

CEO BlackBerry Anggap UI Milik iPhone sudah Kuno dan Tidak Inovatif

BlackBerry mulai menunjukkan tajinya seiring dengan peluncuran dua handset terbarunya, yakni BlackBerry Z10 dan BlackBerry Q10. Perusahaan yang berbasis di Kanada ini pun mulai berani untuk menyerang para kompetitornya. Dan kali ini yang menjadi sasaran adalah Apple.


Dalam sebuah sesi wawancara dengan Australian Financial Review, CEO BlackBerry Thorsten Heins mengatakan bahwa iPhone milik Apple telah kehilangan superioritasnya di dunia smartphone. Bahkan secara gamblang, Heins mengatakan bahwa Apple yang dulunya terkenal sebagai perusahaan dengan banyak ide cemerlang, kini sudah tak lagi inovatif.
Heins mengatakan bahwa Apple telah melakukan pekerjaan yang fantastis dengan menghadirkan perangkat berbasis touchscreen ke pasaran. Terlebih dengan desain user interface miliknya yang membuat perangkat iPhone serta iPad laku keras di pasaran.
Namun, lanjut Heins, sejarah kini tengah berulang. Tingkat inovasi di dunia teknologi sangat tinggi. “Jika Anda tidak berinovasi pada kecepatan tinggi itu, maka Anda akan terganti dengan sangat cepat,” ujarnya. Bahkan dia menyebut bahwa user interface pada iPhone, kini sudah ketinggalan zaman, di mana Apple sudah menggunakannya selama hampir lima tahun terakhir.
Pernyataan ini tentunya didasarkan pada handphone BlackBerry Z10 yang juga menggunakan desain full touchscreen. Dia mengatakan bahwa BlackBerry 10 yang merupakan hasil inovasi BlackBerry memiliki kemampuan multitasking lebih baik dibanding iOS.
(Via Phonearena)

7 Manfaat Bermain Video Game untuk Kesehatan


detail berita
ilustrasi
DALLAS – Penelitian menunjukkan bahwa permainan yang tidak memerlukan banyak gerakan fisik dapat memiliki efek buruk bagi anak-anak ketika mereka tumbuh dewasa.

Namun, disisi lain bermain game juga banyak memberikan keuntungan, seperti dapat mengurangi stress, memperbaiki keterampilan motorik serta meningkatkan penglihatan mata Anda, dan lainnya.

Terkait itu, Okezone menginformasikan terdapat tujuh manfaat kesehatan dari bermain game, seperti dikutip theweek, Senin (11/3/2013), diantaranya:

Terapi Penyakit Kronis untuk Anak-anakThe University of Utah meneliti efek dari video game terhadap anak-anak yang didiagnosa penyakit kronis seperti autisme, depresi, dan penyakit Parkinson.

Anak-anak yang memainkan game tertentu menunjukkan tanda-tanda perbaikan dalam ketahanan dan daya juang dalam menghadapi penyakit mereka dibandingkan yang tidak bermain game.

Meningkatkan Kemampuan Motorik Anak Prasekolah (3-5 tahun)Peneliti dari Deakin University, Melbourne, Australia, menyatakan tidak apa-apa membiarkan anak usia empat tahun bermain video game di depan televisi.

Dari 53 anak-anak balita yang diamati perkembangannya, ditemukan bahwa mereka yang memainkan “game interaktif” akan memiliki keterampilan motorik terhadap objek yang lebih baik daripada mereka yang tidak.

Mengurangi Stress dan Depresi2009's Annual Review of Cybertherapy and Telemedicine menemukan bahwa gamers yang memiliki masalah kesehatan mental seperti stress dan depresi, dapat melampiaskan rasa frustasi mereka dengan bermain video game.

Studi ini memberikan hipotesis bahwa permainan tertentu akan memungkinkan mereka menghindari tingkat stress tertentu. Sehingga membantu mereka untuk menenangkan pikirannya.

Memberikan Efek Penghilang Rasa SakitVideo game tidak hanya dapat mengurangi rasa sakit emosional saja, tetapi juga mereka yang menderita sakit secara fisik.

Salah seorang psikolog University of Washington mengembangkan sebuah permainan yang dapat membantu pasien rumah sakit yang menderita sakit fisik.

Meningkatkan Penglihatan AndaAnda mungkin sering mendengar bahwa duduk telalu lama di depan TV tidak baik untuk mata. Tapi ada psikolog perkembangan Visual Development Lab of Ontario's McMaster University dr. Dephen Maurer dari menemukan hasil yang berbeda.

Ia mengungkapkan orang yang menderita katarak dapat meningkatkan penglihatan mereka dengan bermain game tembak-tembakan seperti Medal of Honor dan Call of Duty. Permainan itu membutuhkan jumlah perhatian, pelatihan, dan adrenalin yang tinggi.

Meningkatkan Keterampilan Pengambilan Keputusan AndaVideo game paling membutuhkan reaksi cepat dalam sepersekian detik untuk mengambil keputusan yang menyangkut hidup dan mati tokoh virtualnya.

Para ahli saraf kognitif dari University of Rochester di New York menemukan fakta bahwa game dapat memberikan banyak permainan otak untuk menyimpulkan informasi.

Memberikan Kebahagian di Usia TuaPara peneliti dari North Carolina State University meneliti hubungan antara bermain video game dengan kesejahteraan mental.

“Mereka yang senang bermain video game memiliki tingkat kebahagiaan yang lebih tinggi, sedangkan yang tidak bermain video game justru terdapat emosi negatif seperti depresi,” kata seorang peneliti di PsychCentral Rick Nauert. (amr)

Ini Dia Jawaban Apple untuk Peluncuran Galaxy S IV oleh Samsung

Semua orang tentunya tahu kalau Apple dan Samsung ibarat Tom and Jerry. Di satu sisi, kedua perusahan ini berkompetisi. Di sisi lain, keduanya juga terlibat dalam kerja sama bisnis.
Dan, hal ini juga berlaku pada saat Samsung melakukan peluncuran handphone terbarunya, Galaxy S IV. Perusahaan yang didirikan oleh Steve Jobs ini pun tak ketinggalan dalam memberikan respon.
Hal itu dibuktikan oleh Apple dengan meluncurkan sebuah iklan baru untuk iPhone 5. Dalam iklan tersebut mereka mengatakan bahwa iPhone tidak seperti handphone lain di dunia. iPhone bisa melakukan banyak hal serta memudahkan pekerjaan.
Iklan tersebut memang tidak secara gamblang menyebutkan handphone Samsung Galaxy S IV. Namun mereka menyebutkan bahwa tidak ada alasan untuk menggunakan handphone selain iPhone. Ditambah iPhone telah memperoleh penghargaan kepuasan pelanggan delapan kali berturut-turut dari J.D. Power and Associates.
Lebih lanjut, Apple juga menyebutkan beberapa fitur yang ada pada iPhone 5 di antaranya adalah tampilan Retina Display, chip A6, iOS 6, Siri, dukungan 800 ribu aplikasi, wireless super cepat, kamera dan lain-lain.
(Via Softpedia)

Asteroid Besar Bakal Tabrak Bumi? NASA: Berdoalah


detail berita
Ilustrasi asteroid besar menghampiri Bumi (Foto: Kexue)
CALIFORNIA - Kepala badan antariksa Amerika Serikat NASA, Charles Bolden mengungkapkan bagaimana pihaknya dapat menangani asteroid besar yang kabarnya akan menghampiri Bumi. Batu luar angkasa ini kini diprediksi sedang menuju tepat di atas langit New York City.

Dalam kondisi demikian, Charles mengungkap bahwa semua pihak harus berdoa. Selain itu, pihaknya berharap agar dapat terhindar dari hal-hal yang tidak dinginkan akibat kemungkinan ancaman asteroid tersebut.

Dilansir Reuters, Rabu (20/3/2013), Bolden mengatakan, ini adalah tentang semua Amerika Serikat atau siapapun dalam hal ini, yang bisa melakukan sesuatu tentang asteroid yang kini dikabarkan berada dalam jalurnya dengan Bumi. Bolden mengungkap hal ini kepada anggota parlemen di House of Representatives Science Committee Amerika Serikat pada Selasa (19/3).

Peristiwa mendaratnya benda luar angkasa atau meteor pernah terjadi beberapa waktu lalu di Rusia. Meteor ini diestimasi memiliki ukuran diameter 55 kaki (17 meter) yang menimbulkan korban luka-luka hingga 1.500 penduduk akibat gelombang kejut yang memecahkan kaca serta merusak bangunan.

Peristiwa ini, menurutnya adalah bukti bahwa manusia hidup dalam sistem tata surya aktif dengan benda-benda yang berpotensi berbahaya. Eddie Bernice Johnson dari Texas Democrat mengungkapkan, asteroid-asteroid ini telah menghampiri Bumi dengan frekuensi mengejutkan.

"Kami sangat beruntung bahwa peristiwa bulan lalu itu hanya suatu kebetulan sederhana ketimbang bencana," kata Committee Chairman Lamar Smith. NASA menemukan dan menelusuri sekira 95 persen dari objek luar angkasa yang mendekati Bumi.

Dari sekian asteroid yang terdeteksi, asteroid terbesar memiliki lebar diameter 1 kilometer. "Sebuah asteroid sebesar itu, satu kilometer atau lebih besar, adalah masuk akal untuk dapat mengakhiri peradaban," tutur John Holdren, Science Advisor Gedung Putih. (fmh)

Komponen iPhone Terbaru Dikapalkan Akhir Mei?


detail berita
iPhone 5 (Foto: The Next Web)
CALIFORNIA - Berita tentang kehadiran iPhone terbaru terus bermunculan. Terkini, menurut sumber-sumber dari rantai pasokan, komponen untuk iPhone generasi terbaru akan mulai dikapalkan pada akhir Mei.

Dilansir dari DigiTimes, Sabtu (23/3/2013), sementara komponen iPhone terbaru dikapalkan pada kuartal dua mendatang, smartphone tersebut dikabarkan akan meluncur pada kuartal tiga tahun ini.

Sumber yang sama mengatakan, iPhone terbaru tidak akan menerima upgrade besar dan kemungkinan hanya sebagai versi penyempurnaan dari iPhone 5. "Ada juga yang menyatakan bahwa Apple berencana merilis iPhone menggunakan casing plastik untuk mendorong pangsa pasar global smartphone besutannya," tutur sumber tersebut.

Adapun mitra manufaktur iPhone yakni Foxconn, diprediksi akan menikmati pertumbuhan sekira 30 persen selama kuartal kedua tahun ini. Terlebih lagi, sebelumnya Chairman Foxconn Electronics Terry Guo, mengatakan bahwa perusahaan itu akan mulai bekerja untuk klien setelah April atau Mei. Namun Foxconn enggan berkomentar tentang pesanan komponen untuk iPhone.

Sumber itu juga mengatakan bahwa jika semua pengapalan komponen itu lancar, pihak manufaktur bisa segera mengirimkan iPhone terbaru ke toko-toko ritel dalam satu hingga dua pekan untuk bisa dijual pada kuartal tiga 2013.
(adl)

Sony Umumkan Strategi Kemitraan dengan Unity Technologies


detail berita
(Foto: Computerandvideogames)
TOKYO - Perusahaan teknologi asal Jepang, Sony, secara resmi mengungkapkan strategi kemitraannya dengan Unity Technologies. Strategi ini sengaja dilakukan oleh Sony guna mengoptimalkan alat pengembangan dari 'Unity' pada beberapa konsolnya seperti PlayStation Vita (PS Vita), PlayStation 3 (PS 3), PlayStation 4 (PS 4).

Sony Computer Entertaintment (SCE), telah mengkonfirmasi mengenai kehadiran 'Unity' pada PlayStation akan memungkinkan konsol tersebut untuk menggunakan game dari Unity dalam konsol milik Sony, tanpa harus membuat ulang game. Alat-alat dari Unity juga rencananya akan dioptimalkan untuk PS Vita, dengan tujuan mengatur beberapa fitur termasuk touchpad belakang.

Dikutip dari Computerandvideogames, Jumat (22/3/2013), beberapa permainan yang dibangun menggunakan 'Unity' telah hadir di konsol PlayStation, beberapa set alat terbaru akan memungkinkan pengembang game lain yang juga menggunakan 'Unity', dengan mudah hadir pada perangkat.

"Mereka benar-benar berfokus pada upaya untuk membawa studio paling kreatif, dengan penekanan pada pengembang independen. Kami akan memimpin usaha untuk membuat perkembangan mengagumkan untuk seluruh studio," ujar CEO Unity Technologies, David Helgason.

Sementara Wakil Presiden dari SCE, Teiji Yutaka, mengomentari mengenai kehadiran 'Unity' pada PlayStation, "Para pemain dapat melihat kedepan untuk permainan baru yang kreatif dari komunitas pengembang global 'Unity',  dengan beberapa bakat independen terbaik yang tercakup di dalamnya".
(amr)

Apple Kembangkan iPhone "Tahan Banting"


detail berita
Kondisi iPhone 4S yang ringsek karena terjatuh
CALIFORNIA - Apple tengah mencari sebuah cara untuk mencegah model iPhone generasi terbaru dari kerusakaan layar saat perangkat terjatuh.

Dilansir dari AppleInsider, Sabtu (23/3/2013), ini terungkap melalui pengajuan paten yang dilakukan perusahaan asal Cupertino itu. Dokumen paten 'Protective Mechanism for an Electronic Device' memastikan perangkat terjatuh pada posisi sisi layar.

Sistem ini menggunakan detektor guna menetapkan posisi perangkat ketiga jatuh. Metode ini untuk menghitung giroskop, kecepatan, sensor posisi, dan GPS.

Setelah detektor membaca data tertentu, teknologi akan memastikan perangkat terjatuh dengan posisi aman. Selain itu, paten yang diajukan Apple juga mengungkapak metode mencegah iPhone terjatuh ketika tertarik kabel earphone.
(fmh)

Tak Mau Kalah, LG Siapkan "Jam Tangan Pintar"

detail berita
SEOUL - Setelah Google yang dikabarkan menyiapkan jam tangan pintar (smartwatch), terkini LG juga dikabarkan menyiapkan perangkat serupa.

Menurut The Korea Times, perangkat ini dapat menyinkronisasikan data ke smartphone. Untuk sistem operasi sendiri, LG kemungkinan akan memilih Android atau Mozilla Firefox OS. Demikian dilansir dari Softpedia, Sabtu (23/3/2013).

Sementara itu, Apple dikabarkan akan mengembangkan smartwatch. Pun demikian dengan Samsung, bahkan perusahaan asal Korea Selatan itu telah mengonfirmasi rencananya.

“Kami sudah menyiapkan produk jam sejak lama. Kami bekerja keras untuk menyiapkannya. Kami menyiapkan berbagai produk untuk masa depan dan pastinya jam merupakan salah satu dari produk-produk tersebut,” kata Executive Vice President Mobile Business Samsung Lee Young Hee waktu itu.

Selain Samsung, Apple juga dilaporkan menggunakan 100 tenaga desainer untuk menggarap perangkat jam tangan yang memiliki fungsi seperti iPad dan iPhone.  (fmh)

Bill Gates Akan Menjadi Orang Terkaya


detail berita
CALIFORNIA - Pendiri Microsoft Bill gates saat ini menjadi pria terkaya nomor dua dengan jumlah kekayaan mencapai USD67,7 miliar. Kekayaan pria berkacamata ini berada di bawah Carlos Slim, pengusaha asal Meksiko.

Menurut laporan yang diterbitkan Bloomberg seperti dikutip dari Softpedia, Sabtu (23/3/2013), Slim saat ini memilki kekayaan USD69,1 miliar dan memiliki perusahaan di bidang perbankan, pertambangan, dan konstruksi.

Di sisi lain, Bill Gates terus meningkatkan kekayaannya, sehingga salah satu pendiri Microsoft itu bisa saja menjadi orang terkaya di dunia pada tahun depan.

Meski memiliki harta melimpah, namun bapak teknologi yang satu ini mengaku bahwa seluruh kekayaannya tidak memiliki arti apabila digunakan untuk pribadi. Karenanya, ia dan istrinya membuat organisasi Bill & Melinda Gates Foundation untuk membantu sesama melawan penyakit mematikan di negara-negara dunia ketiga serta meningkatkan taraf pendidikan di Amerika Serikat (AS).

Sejauh ini, organisasi kemanusiaannya itu telah mendonasikan USD28 miliar dan bahkan Bill Gates mengatakan bahwa 95 persen dari kekayaannya akan didonasikan ke yayasan tersebut dan ia memproyeksi uangnya akan habis dalam kurun waktu 20 tahun. (fmh)

Tahun ini, The Walking Dead Beraksi di PlayStation Vita


detail berita
Foto: Telltale Games
CALIFORNIA - Tim pengembang Telltale dan Sony mengumumkan bahwa game The Walking Dead akan beraksi di PlayStation Vita pada tahun ini.

Director of Product Planning & Platform Software Innovation, Don Mesa mengatakan kepada IGN bahwa,"Telltale, pengembang game indie yang sangat sukses, ikut membantu mengirimkan pesan kuat kami." Demikian dilansir dari Softpedia, Sabtu (23/3/2013).

"Kami berfikir bahwa emosi dan pengalaman yang impresif dapat dinikmati, saat Anda duduk, di ruang keluarga dan bermain Vita. Anda akan mendapatkan sensasinya," sambungnya.

Belum diketahui pasti kapan The Walking Dead mendarat di Vita. Selain itu ia juga tidak menyinggung apakah perangkat konsol genggam itu akan kehadiran sekuel terbaru dari game yang diangkat dari serial televisi itu.

Telltale juga menyebut bahwa season kedua dari The Walking Dead akan diluncurkan tahun depan untuk perangkat PC dan konsol rumahan.
(fmh)

Dibekali Prosesor "Dua Otak", Galaxy S4 Mini Mendarat Juni?

detail berita
Galaxy S4
SEOUL - Dua pekan setelah peluncuran Galaxy S4, kini kabarnya Samsung tengah menyiapkan peluncuran smartphone pamungkasnya itu dengan ukuran yang lebih mini.

Meski Galaxy S4 belum tersedia di pasaran hingga akhir April, dan sejumlah wilayah pada awal Mei, namun Samsung dikabarkan tengah bersiap untuk mengeluarkan superphone-nya itu dengan varian harga yang lebih ekonomis. Demikian dilansir dari Softpedia, Minggu (24/3/2013).

Samsung akan meluncurkan Galaxy S4 Mini pada musim panas tahun ini. Menurut SamMobile, suksesor Galaxy SIII Mini diharapkan debut pada Juni atau Juli.

Sementara waktu Samsung akan meluncurkan versi mini dari Galaxy S4, Google juga akan mengumumkan versi terbaru dari sistem operasi mobile-nya. Meskipun, Galaxy S4 tidak akan hadir dengan Android 5.0.

Kabarnya, Galaxy S4 Mini akan berjalan pada sistem operasi Android 4.2.2 Jelly Bean. Selain itu, smartphone itu juga diintegrasikan dengan antarmuka TouchWiz Nature UX 2.0 dan dikemas dengan layar yang lebih kecil.

Menyoal spesifikasi, Galaxy S4 Mini mengusung layar Super AMOLED qHD 4.3 inci beresolusi 540x960 dengan kerapatan piksel 256ppi. Selain itu, smartphone ini juga akan dipacu prosesor dual-core yang berlari pada clock 1.6GHz.  (fmh)

Lebih Tangguh, Smartphone Bakal Gunakan Batu Safir


detail berita
Foto: Extremetech
CALIFORNIA - Batu safir yang biasanya digunakan untuk bahan pelindung sejumlah kendaraan militer, diperkirakan akan digunakan untuk layar smartphone. Material ini akan meningkatkan ketahanan perangkat terhadap situasi ekstrem yang dapat membuat layar baret dan retak.

Batuan kuat itu sayangnya masih mahal, yakni USD30, sementara Gorilla Glass -- yang lazim digunakan saat ini -- dibanderol sekira USD3. Analis percaya bahwa harga layar yang terbuat dari bahan yang memiliki kualitas setingkat di bawah berlian tersebut akan turun dalam beberapa tahun ke depan.

Menurut laporan MIT Technology Review, teknologi GT Advanced saat ini bekerja untuk menciptakan lembaran safir yang lebih tipis dari rambut manusia. Ini dapat memangkas biaya produksi lembaran safir. Demikian dilansir dari Mashable, Minggu (24/3/2013).

Perusahaan itu pun percaya dapat membuat layar safir hanya tiga atau empat kali lipat dari harga layar Gorilla Glass. Dari laporan terbaru, penggunaan Gorilla Glass besutan Corning setidaknya melekat pada satu miliar gadget. Corning sendiri telah menjadi produsen favorit sejak produknya melapisi iPhone pertama.

Perusaahaan setidaknya mencatatkan hasil penjualan mencapai USD2,04 miliar per kuartal tiga tahun lalu. Belum lama ini, Corning resmi mengumumkan Gorilla Glass 3. Dalam versi terbaru, perusahaan  mengklaim bahwa kaca Gorilla Glass 3 lebih kuat dari Gorilla Glass 1 dan 2. 

RSS Follow us on Twitter Become our friend on Facebook Topik HOT: Android FULL HD Windows Phone 8 Quad Core Blackberry 10 Android Jelly Bean Windows 8 Berekspresi Lewat Rekayasa Wajah Dengan Aplikasi Face Stealer For iPhone

Bagi Anda pengguna iPhone, baru-baru ini ada aplikasi AR gratisan yang bernama Face Stealer besutan Yahoo Jepang yang membuat tampilan wajah Anda tidak seperti biasanya.
Aplikasi iPhone ini dapat menampilkan berbagai topeng wajah yang berasal dari sebuah foto asli, seperti hewan, selebriti, tokoh komik, ataupun wajah Anda sendiri dan ditampilkan ke dalam bentuk tampilan video. Selain itu, Yahoo Jepang juga telah mengembangkan sebuah library yang digunakan untuk menganalisis dan mereflesikan berbagai ekspresi dan gerakan kepala secara real time dan otomatis.
Aplikasi ini sanggup melacak dan mencapture setiap titik fitur pada objek wajah secara realtime yang diselaraskan dengan gerakan mulut dan alis sehingga diperoleh tampilan tiruan wajah yang sesuai. Jika titik-titik fitur wajah tidak sejajar, Anda dapat menyempurnakannya sendiri sampai diperoleh tampilan yang sesuai keinginan Anda. Sedangkan video atau foto yang dihasilkan nantinya dapat dishare melalui situs jejaring sosial yang ada seperti Facebook, Twitter atau YouTube.
Berikut adalah cuplikan video pengoperasian aplikasi Face stealer for iPhone:
Sementara itu, ke depannya Yahoo Jepang kabarnya juga sedang mempertimbangkan untuk mengembangkan aplikasi chat yang menampilkan kemampuan untuk membuat wajah anonim.

Qi Umumkan Kompatibilitas Aksesoris Charger Wireless Miliknya dengan Galaxy S IV

Banyak fitur yang dihadirkan oleh Samsung pada produk terbarunya, Galaxy S IV. Termasuk di antaranya adalah kemampuan wireless charging, sesuai dengan rumor-rumor yang sebelumnya beredar.
Fitur yang satu ini memang tidak diumumkan oleh Samsung pada saat peluncuran Galaxy S IV. Namun, Qi yang terkenal sebagai perusahaan produsen perangkat wireless charging baru saja mengumumkannya.
Dalam pernyataannya, Qi mengungkapkan bahwa Galaxy S IV kompatibel dengan beberapa aksesoris charger wireless miliknya. Jadi, bagi calon pengguna Galaxy S IV yang ingin men-charge handphone miliknya tanpa kabel, bisa membeli aksesoris tersebut yang dikeluarkan oleh Qi.
Sayangnya, Qi tidak menjelaskan secara detail mengenai harga aksesoris tersebut. Mereka juga tidak mengungkapkan kapan aksesoris tersebut bisa diperoleh di pasaran.
Qi mengatakan bahwa Galaxy S IV merupakan perangkat smartphone terbaru yang mendukung kemampuan wireless charging miliknya. Sebagai tambahan, mereka juga mengatakan bahwa pihaknya telah bekerja sama dengan McDonald Eropa untuk membuat meja makan yang dilengkapi dengan charging wireless.
(Via Phonearena)

Kalah Persaingan, Produsen Prosesor Mobile ST Ericsson kini Resmi Ditutup

Persaingan di pasar mobile memang sangat tinggi. Tidak heran jika persaingan tersebut mulai memakan korban. Setelah sebelumnya Texas Instrument (TI) yang mengumumkan untuk mundur, kini giliran produsen prosesor lainnya, yakni ST-Ericsson.
Perusahaan yang merupakan hasil kerjasama antara StMicroelectronics dan Ericsson ini tengah mengalami krisis yang cukup parah. Dan hal tersebut membuat pemilik perusahaan ini memutuskan untuk segera melego perusahaan ini ke pihak yang berminat.
Mereka pun akan mencoba untuk mencari buyer potensial selama tiga bulan mendatang. Sebagai informasi, ST-Ericsson tidak pernah memperoleh keuntungan semenjak pendiriannya pada tahun 2008. Jadi tidak mengherankan kalau perusahan ini kolaps.
Ditambah pasar prosesor mobile kini tengah dikuasai oleh tiga perusahaan besar, yakni Qualcomm, NVidia serta Samsung. Salah satu pelanggan besar dari ST-Ericsson sendiri adalah Nokia. Namun, order dari Nokia dari tahun ke tahun terus mengalami penurunan.
(Via Unwiredview)

Tes Benchmark, Galaxy S IV Kalahkan iPhone 5 dan Semua Handphone Android

Banyak orang yang menunggu kedatangan Galaxy S IV ke pasaran. Tak sedikit pula yang menganggap bahwa Galaxy S IV tidak ubahnya seperti produk samsung sebelumnya. Terlebih dengan desain yang hampir sama.
Namun, mengesampingkan hal tersebut, tentunya cukup menarik untuk mengetahui performa dari handphone ini. Dan, untuk tahu akan hal tersebut, sebuah tes benchmark menggunakan Geekbench baru saja dilakukan terhadap Galaxy S IV. Geekbench sendiri merupakan sebuah aplikasi bechmark multiplatform yang digunakan untuk mengetahui performa prosesor sebuah smartphone.
Yang perlu diperhatikan adalah bahwa dalam tes tersebut handphone yang digunakan adalah Galaxy S IV versi Snapdragon 600. Seperti diketahui, Samsung memang menyiapkan dua versi Galaxy S IV, yakni versi Snapdragon 600 dan versi Exynos 5 Octa.
Meskipun bukan handphone dengan prosesor delapan core, nyatanya Galaxy S IV berhasil mengalahkan semua jenis smartphone yang ada dan akan diluncurkan di pasaran. Pun halnya termasuk iPhone 5 milik Apple ataupun HTC One yang sama-sama menggunakan prosesor Snapdragon 600. Menariknya, nilai tes benchmark Galaxy S IV adalah dua kali lipat lebih baik dibanding iPhone 5.
(Via Phonearena)

Microsoft akan Hentikan Dukungan terhadap Windows Phone 7.8 dan 8 pada 2014

Sistem operasi mobile milik Microsoft, yakni Windows Phone 7.8 dan Windows Phone 8 nampaknya tidak akan berumur terlalu lama. Dalam sebuah bocoran informasi yang diperoleh sebuah website Italia Plaffo, menunjukkan bahwa kedua platform mobile tersebut hanya akan didukung oleh Microsoft sampai 2014.
Hal ini berarti bahwa Microsoft hanya akan memberikan update secara berkala untuk kedua sistem operasi tersebut hingga 2014. Secara spesifik, penghentian dukungan terhadap Windows Phone 7.8 adalah pada September 2014 dan Windows Phone 8 pada Juli 2014. Mengenai pemberian update, pelaksanaannya kemungkinan akan berbeda-beda karena bergantung kepada masing-masing provider dan produsen handphone.
Namun apakah hal ini berarti sebuah kerugian bagi para pengguna handphone WP? Tenang saja. Microsoft tidak akan meninggalkan begitu saja para konsumennya. Dalam sebuah pernyataan yang dipublikasikandi The Seattle Times Blog, perusahaan yang didirikan oleh Bill Gates ini akan menyediakan upgrade untuk para pengguna WP 8.
Oleh karena itu, Microsoft mengungkapkan pada para pelanggannya mengenai betapa pentingnya untuk segera beralih ke Windows Phone 8. Saat ini sendiri, pihak Microsoft tengah mengerjakan Windows Phone Blue yang merupakan generasi berikutnya dari WP 8.
(Via NDTV)

Ouya game console will support N64, NES, other classic console emulators

The first Ouya $99 video game consoles are expected to ship next week to customers who backed the team’s Kickstarter campaign. Users will be able to download and play games on their TV using the small Android-powered game system.
While most of those games will be Android titles optimized for use with a gamepad and TV (instead of a phone or tablet with a touchscreen), you may also be able to play games that were never intended for Android at all — because the Ouya supports emulators.
Ouya video game console
Developer Paul Lamb has ported his Mupen64 emulator to the Ouya platform, which will allow users to play Nintendo64 games with an Ouya.
Other developers are also working on emulators for the classic Nintendo Entertainment System (NES) and possibly other consoles as well.
It’s no surprise that you can use emulators on the Ouya. After all, folks have been designing and running game console emulators on Android phones and tablets for years. And users will be able to side-load any of those apps onto an Ouya.
But the Ouya team is also taking a pretty liberal approach toward emulators in their app store.
In a nutshell, as long as developers don’t offer any copyrighted games or other content, they can distribute their apps in the Ouya store. Lamb’s Mupen64 emulator, for instance, was already approved (although he needs to remove from copyrighted artwork from his screenshots and submit it again).
If you already have an Ouya (or pretty much any other Android device), you can also download the latest beta version of Mupen64 from Lamb’s website.
Theoretically it’s possible for folks to buy a PlayStation, Nintendo64, or other game disc or cartridge and use special hardware and software to rip a video game ROM for personal use with this sort of game emulation software. Most people don’t do that. Instead they download games illegally from the internet, which is why emulators tend to hang out in a relatively gray legal area.
But it’s good to know that in addition to supporting a growing number of Android games, Ouya’s $99 game console will also be able to play hundreds of classic games that were always meant to be used with a TV and gamepad.
The Ouya game console features an NVIDIA Tegra 3 quad-core processor, 1GB of RAM, and 8GB of storage and comes with a wireless game controller. While the first units should ship on March 28th, if you weren’t a Kickstarter backer you’ll have to wait until June to get your hands on one.
via AndroidPC.es and GameFans

Google Tambahkan Filter Animasi GIF untuk Pencarian Gambar

Mencari sebuah gambar animasi yang memiliki format GIF di Google kini bisa dilakukan dengan lebih mudah. Hal ini karena pihak Google baru saja menambahkan filter baru yang memungkinkan pengguna untuk bisa menemukan gambar Animasi GIF secara langsung. Fitur yang satu ini tentunya akan sangat menarik, terutama bagi Anda yang suka untuk menggunakan gambar animasi GIF sebagai gambar profil di forum internet.
Cara untuk melakukan hal ini pun tidak terlalu sulit. Pertama, kita tinggal klik pada bagian options dan masuk pada bagian Advanced Search. Selanjutnya, kita bisa memilih pada bagian Type of Image serta File Type yang masing-masing akan terdapat opsi Animated dan GIF Files.
Selanjutnya, akan muncul secara langsung hasil pencarian gambar GIF yang ditemukan. Kalau pun kita ingin melihat bagaimana animasi gambar tersebut cukup mudah. Di hasil pencarian, kita bisa secara langsung melihat preview dari gambar GIF tersebut.
(Via Slashgear)

Pemerintah Inggris Tolak BlackBerry 10 karena Miliki Tingkat Keamanan yang Rendah

BlackBerry nampaknya bakal mengalami kesulitan untuk memasuki pasar Inggris. Hal ini karena pemerintah Inggris menganggap bahwa platform BlackBerry 10 OS ternyata tidak memiliki tingkat keamanan yang cukup baik untuk digunakan oleh para pekerja di Inggris.
Anggapan tersebut muncul setelah Communications Electronics Security Groups (CESG) Inggris mengatakan bahwa software BlackBerry 10 tidak memenuhi standar keamanan pemerintah Inggris. Lembaga CESG sendiri merupakan bagian dari Government Communications Headquarters (GCHG).
Namun, dalam pernyataannya kepada ZDnet, CESG mengungkapkan bahwa mereka saat ini tengah melakukan diskusi terkait penggunaan BlackBerry 10 di kalangan pemerintah. Kerja sama dengan pihak BlackBerry pun kemungkinan masih akan terjadi, terlebih kedua pihak memiliki history kerjasama yang cukup panjang.
Hal ini memang sedikit mengejutkan. Terlebih setelah sebelumnya, platform milik BlackBerry baru saja memperoleh persetujuan dari CESG. Pun halnya platform mobile lain seperti iPhone milik Apple.
(Via ZDnet)

Google Resmi Luncurkan Aplikasi Google Keep untuk Menyaingi Evernote

Google baru saja merilis sebuah layanan baru bernama Google Keep. Layanan ini merupakan sebuah aplikasi catatan yang bisa digunakan pada platform Android 4.0+ ataupun aplikasi web.
Aplikasi ini nampaknya diluncurkan oleh Google untuk menyaingi Evernote yang merupakan salah satu aplikasi populer di platform Android. Aplikasi ini pun memungkinkan penggunanya untuk mencatatkan hal-hal penting atau membuat daftar kegiatan yang harus dilakukan. Sebagai tambahan, pengguna Google Keep juga bisa membuat catatan, daftar foto serta rekaman suara melalui smartphone, tablet ataupun PC.
Lebih lanjut, versi aplikasi Web dari Google Keep juga memungkinkan penggunanya untuk melakukan sinkronisasi. Tak hanya itu, di beberapa minggu mendatang, Google juga akan mengintegrasikan layanan ini ke Google Drive.
Aplikasi ini pun bisa diunduh secara gratis. Kalau Anda ingin mencoba versi Androidnya, bisa menuju ke Google Play Store, sedangkan untuk versi web app bisa dibuka di link ini.

Xiaomi Mi3 Muncul di Cina dengan Spesifikasi Layar 5 Inci Full HD, Prosesor Snapdragon 800 dan Baterai 3000 mAh

Siapa yang tak kenal dengan handphone Android Cina dari Xiaomi? Merek ini memang dari Cina, namun kualitas yang ditawarkannya tidak kalah dengan merek dari negara lain. Tidak heran banyak orang yang menunggu kedatangan produk baru dari Xiaomi.
Dan, di tahun ini, Xiaomi pun kemungkinan akan memunculkan beberapa handphone Android terbarunya. Salah satunya adalah Xiaomi Mi3 yang merupakan suksesor dari Mi2. Dan, untuk handphone yang satu ini, sebuah bocoran pun sudah mulai bermunculan.
Handphone ini dikabarkan akan menggunakan layar sentuh berukuran 5 inci. Menariknya, layar handphone ini adalah tampilan dengan resolusi full HD 1080p.
Yang lebih menarik lagi adalah keberadaan prosesor Qualcomm Snapdragon 800 di dalamnya. Prosesor tersebut pun dikatakan akan memiliki kecepatan sebesar 2.3GHz.
Jika masih belum cukup, handphone ini akan dilengkapi dengan kamera 13MP yang ada di bagian belakang. Dan, untuk permasalahan sumber energi, Xiaomi membenamkan baterai berkapasitas 3000 mAh. Mengenai harga, handphone ini pun kemungkinan akan dijual dengan harga yang tak terlalu mahal, yakni sebesar 320 USD.
(Via Unwiredview)

Gameloft Luncurkan Game The Dark Knight Rises untuk Platform Windows Phone 8

Produsen game ternama dunia, Gameloft baru saja memperkenalkan game terbarunya yang ditujukan untuk platform Windows Phone 8. Game tersebut adalah sebuah seri game yang diangkat dari cerita komik, yakni The Dark Knight Rises.
Game ini pun menampilkan Bruce Wayne sebagai tokoh utama. Tentunya game ini juga menyajikan berbagai aksi menantang. Menurut Gameloft, aksi tersebut antara lain adalah aksi pengeboman, kejar-kejaran mobil dan lain-lain.
Namun jangan harapkan bahwa game ini bisa diunduh secara gratis. Game The Dark Knight Rises 1.0 ini dibanderol oleh Gameloft seharga 6.99 USD via Windows Phone Store. Handphone ini pun kompatibel dengan semua perangkat Windows Phone 8.
(Via Softpedia)

Canon EOS 100D atau Rebel SL1 Kamera DSLR 18Mp Paling Kecil dan Paling Ringan dengan DIGIC 5

Kamera DSLR memang biasanya memiliki bodi yang gede dan berat yang lumayan, walau generasi DSLR terakhir cukup kecil dan ringan tapi masih banyak yang merasa ukurannya tergolong besar sehingga muncul kamera mirrorless yang memang jauh lebih kecil seperti EOS M. Tapi kamera DSLR memang memiliki fitur-fitur dan fasilitas yang tidak ditemukan pada kamera mirrorless sehingga Canon pun akhirnya menghadirkan produk kamera baru dengan ukuran bodi lebih kecil dan bobot lebih ringan juga bernama Canon EOS 100D atau Canon Rebel SL1 (nama produk ini di negara lain di mana SL berarti super lightweight)
Canon EOS 100D atau Rebel SL1
Canon EOS 100D atau Rebel SL1
Kamera ini ukurannya 25 persen lebih kecil dan 28 persen lebih ringan dibanding Canon EOS 650D di mana Canon EOS 100D ini memiliki ukuran  116.8 x 90.7 x 69.4mm dan berat hanya 407g alias tidak sampai setengah kilogram. Spesifikasi sensor 1dalah 18MP APS-C Hybrid CMOS AF II yang dikombinasikan dengan prosesor DIGIC 5. Canon EOS 100D ini juga mampu merekam video FULL HD dengan frame rate 30fps, 25fps atau 24fps.
Perbandingan ukuran EOS 100D vs EOS 6D
Perbandingan ukuran EOS 100D vs EOS 6D
ISO range yang ditawarkan EOS 100D adalah 100-12800 (expandable to H: 25600) untuk pengambilan foto dan ISO-6400 (expandable to H: 12800) untuk video.
Layar LCDnya sudah jenis touch screen berukuran 3 inci dengan teknologi Clear View LCD yang memungkinkan kita menggunakan 2 jari untuk zoom atau mengubah gambar, serta mengakses menu dan kontrol setting, serta mengaktifkan poin fokus dan melepas shutter saat shooting.
Perbandingan ukuran Canon EOS 100D dengan telapak tangan
Perbandingan ukuran Canon EOS 100D dengan ukuran tangan
Bahkan kamera ini memiliki fitur in-camera editing dan fungsi cropping sehingga memudahkan kita memodifikasi dan memoles gambar selain itu juga menyertakan mode adegan berikut:
  • Kids
  • Food
  • Candlelight
  • Night Portrait
  • Handheld Night Scene
  • HDR Backlight Control
Kamera EOS 100D atau Rebel SL1 dijawalkan untuk dipasarkan bulan April dengan harga ritel kira-kria $649.99 untuk bodi saja dan 799.99 USD dengan paket lensa kit EF-S 18-55mm f/3.5-5.6 IS STM

Perbandingan tebal Bodi Canon Eos 100D vs T4i/650D dan EOS M
Perbandingan tebal Bodi Canon Eos 100D vs T4i/650D dan EOS M
Spesifikasi Canon EOS 100D
- Brand new 18MP APS-C sensor
- ISO 100-12,800 (6400 ISO native)
- 4 fps
- 1080p HD video
- 9 Focusing points one cross type
- Hybrid CMOS AF II, which is one of the major upgrades to the new sensor
- 80% of the sensor has focusing abilities
- Touch screen LCD (3 inches) with multi-touch operation
- Multi-point and single-point AF
- Uses the same battery as the EOS M
- 95% viewfinder
- 1/200th flash sync
- .87$ magnification in the viewfinder
- 14.36 oz
- 4.6” (w) x 3.57” (h) x 2.74” (d)